Divonis Bersalah Di Kasus Karhutla, Joko Widodo Olok-Olokan Kasasi

Posted by Ganas003 on 15.55 in

Hakim tinggi pada pengadilan tinggi Palangkaraya memvonis Presiden Joko Widodo dan rekan-rekannya melaksanakan perbuatan melawan aturan di kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Jokowi bersama dengan rekannya pun akan dieksekusi untuk segera menciptakan PP kebakaran hutan. Gugatan itu sendiri terdaftar di Pengadilan Negeri Palangkaraya dengan nomor 118/Pdt.G/LH/2016/PN.Plk.


Terdapat tujuh nama yang digugat ialah Presiden Republik Indonesa, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Gubernur Kalimantan Tengah, dan Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.


Ketujuh nama yang digugat selaku penanggung jawab dianggap gagal menunjukkan kepastian hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat kepada seluruh rakyat Kalimantan Tengah. Warga butuh kepastian jikalau tahun selanjutnya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan.


Gugatan pun dikabulkan Pengadilan Negeri Palangkaraya yang memutuskan para tergugat telah melaksanakan perbuatan aturan dan menghukum tergugat I ialah Presiden untuk menerbitkan Peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 ihwal Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, yang penting bagi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, dengan melibatkan tugas serta masyarakat.


Putusan ini pun tidak diterima Jokowi dan para tergugat lainnya, Bung. Justru Jokowi dkk menentukan melaksanakan perlawanan aturan dengan mengajukan kasasi ke MA.