Panen Emas Dari Pencak Silat Bagi Indonesia Dikeluhkan Iran Sebagai ‘Hadiah’ Dewan Olympiade Asia

Posted by Ganas003 on 16.55

Panen emas yang diperoleh Indonesia dari ajang pencak silat menciptakan Indonesia menggeser Iran dalam perolehan medali. Iran pun angkat bicara dengan menanggap legalisasi terhadap pencak silat di Asian Games sebagai ‘hadiah’ dari Dewan Olympiade Asia untuk Indonesia. Presiden Komite Olympiade Nasional Iran (NOC), Reza Salehi Amiri, salah seorang yang paling vokal dan mengecam legalisasi pencak silat.


Reza pun berujar bahwa pencak silat ialah cabang olahraga yang tak dikenal dan hanya dipraktikkan oleh sekelompok kecil negara di Asia. Dengan alasan itu NOC bakal mengajukan keberatan resmi dalam perolehan medali dari cabor pencak silat kepada OCA. Lebih lanjut lagi mengakui pencak silat dan perolehan medali dari cabang olahraga tersebut di klasemen final Asian Games sebagai keputusan yang tidak rasional dan sangat tidak adil menyerupai dilansir oleh kantor info Mehr.


Namun, Iran mengecam soal pencak silat sebelum Asian Games digelar. Ditujukan eksklusif kepada Presiden OCA, heikh Ahmed al-Fahad al-Ahmed al Sabah. Saat itu Salehi yang menemui Sheikh Ahmed menanyakan perihal keberadaan pencak silat di Asian Games.


Saat itu ia menjawab “keistimewaan ini juga akan didapat Iran kalau menjadi tuan rumah Asian Games.” Salehi kemudian menampik tanggapan tersebut tidak meyakinkan.


Di Asian Games tuan rumah panen emas dari cabang pencak silat dengan perolehan 9 dari 16 medali emas yang tersedia. Dengan pencapaian tersebut Indonesia mencatat rekor perolehan medali di Asian Games yang sekarang berjumlah 27 dari sebelumnya 4 medali emas di Asian Games 2014, Incheon.