Roy Suryo: Indonesia Mendulang Emas Sebab Jadi Tuan Rumah

Posted by Ganas003 on 16.55 in ,

Kontingen Indonesia ketika ini menduduki peringkat empat dari 40 negara yang berpartisipasi di Asian Games 2018, menorehkan 30 medali emas dan 14 diantaranya disumbangkan oleh olahraga pencak silat. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat ini menyarankan supaya tidak cepat puas akan hasil yang diperoleh, karena Indonesia sanggup berjaya alasannya ialah laba menadi tuan rumah.


Bahkan Roy menyampaikan tuan rumah memiliki hak untuk memasukkan cabang olahraga yang tidak dilombakan di Olimpiade. Misalnya, pencak silat, paralayang, dan jetski. Pada cabor pencak silat, Indonesia berhasil mendulang 14 medali emas dari 16 nomor yang dipertandingkan. Di cabang paralayang Indonesia menyabet dua emas, dan jetski satu emas.


“Karena Indonesia ialah tuan rumah, yang memungkinkan hal ini terjadi sebagaimana negara-negara lainnya jika mereka sedang menjadi tuan rumah,” ujar Roy melalui siaran pers


“Ini sekaligus juga warning bagi kita supaya jangan cepat puas dan berbangga diri, apalagi jadi jumawa atas hasil Asian Games 2018,” imbuh Roy.


Menurut Roy, ia juga menyayangkan apabila event olahraga terbesar di Asia ini dijadikan alat politik oleh beberapa pihak. Untuk membangun gambaran sebelum bertarung di Pilpres 2019 mendatang. Lewat kacamatanya, ia mencicipi ada beberapa pihak yang melaksanakan itu dengan membandingkan pencapaian Indonesia dengan Asian Games Sebelumnya.


“Karena selain tidak apple to apple secara jumlah atlet dan cabor yang dipertandingkan, juga alasannya ialah memang posisi tuan rumah selalu menguntungkan,” kata Roy.


“Apalagi malah menjadikannya ajang pencitraan politik untuk kepentingan 2019,” pungkas Roy.